Sabtu, 14 Januari 2012

Mengapa Kinerja Komputer menjadi Lambat? Berikut Penyebab dan Solusinya

Kadang kala kita suka sembarangan dalam memakai dan mengendalikan Komputer kita sendiri. Sering menginstal aplikasi yang bukan spesifikasinya tapi mungkin hal itu sudah biasa, tapi sangat besar dan berpengaruh sekali dampaknya untuk Kinerja Komputer kita. Beberapa solusi dan perlindungan sangat dibutuhkan bila Kinerja Komputer kita menjadi sangat Lambat dan lama kelamaan akan merasa kesal dengan Komputer yang tidak begitu merespon. Berikut adalah penyebab Kinerja Komputer menjadi Lambat



1. Malware (Virus, Trojan, Ramnit, Worm, dll)
Berbagai cara Malware untuk dapat masuk kedalam Komputer kita dan akan lebih licin bila tidak dipasang Antivirus. Virus sering merusak sistem yang ada di dalam komputer dengan cara menggandakan dirinya sehingga mengganggu program dan aplikasi lain yang sedang bekerja. Jalan keluarnya tidak mudah karena banyak sekali varian Virus untuk era modern saat ini. Pasanglah Antivirus yang update tiap harinya, kalau Komputer terbiasa Offline, usahakan Update satu minggu sekali agar memperkecil ruang masuk dan gerak Virus.

2. Spyware dkk
Bila Komputer sering dipakai untuk Browsing internet, jika kita tidak berhati-hati kemungkinan Komputer akan terserang Spyware. Mungkin tidak terlalu besar dampaknya dengan Kinerja Komputer tetapi akan mengganggu akses Internet dan kenyamanan browsing. Seperti Nick User dan Password kita akan diketahui oleh si pembuat spyware. Solusinya sama dengan pencengahan Malware tentunya dengan memasang AntiSpyware yang harus selalu di update. Ini cukup banyak memakan Memory bila kita sering mengupdatenya, tetapi kalau ingin lebih mudah jalankan aplikasi antispyware yang portable dan scan secara rutin.

3. Banyaknya Aplikasi yang running (yang aktif pada Windows).
Ini merupakan hal yang sering tidak kita ketahui ketika kita sedang sibuk mengerjakan proyek tugas yang banyak menjalan aplikasi. Solusinya sangat mudah jalankan aplikasi yang penting terlebih dahulu bila anda dikejar deadline, gunakan 2 Komputer dengan menjalankan aplikasi yang berbeda tentunya. Ada jalan pintas yang sedikit berpengaruh yaitu gunakan aplikasi-aplikasi yang portable.

4. HardDiskDrive (HDD) yang sudah bertahun-tahun bekerja.
Hardisk yang sudah berumur mungkin akan cenderung lebih lambat seperti layaknya manusia. Mungkin kalau Hardisk hanya cukup 5 tahun saja untuk yang dibawah 100GB dan untuk yang up to 100GB mungkin lebih dari itu. Solusinya mulailah back-up file-file penting seperti tugas-tugas, proyek, dan berbagai file-file penting lainnya untuk menghindari hardisk berumur ini yang suatu saat akan benar-benar tidak berfungsi.

5. Tidak bisa memilih Software yang Kompatible
Mungkin ini juga sudah menjadi kebiasaan buruk bagi para pengguna Komputer yang tidak bisa memilih Software yang Kompatibel dan sesuai dengan spesifikasi komputer. Akibatnya aplikasi tidak dapat berjalan dengan lancar dan efeknya sangat berpengaruh terhadap kinerja Komputer.
Solusinya adalah dengan memilih Software yang Compatible contohnya jika sudah merasa cukup dengan Adobe Photoshop 7/CS apa salahnya untuk tidak menginstal Adobe Photoshop CS5 karena perlu memakan RAM yang lumayan besar sehingga dapat menggangu kineja Komputer.

6. Memori/RAM yang pas-pasan
RAM merupakan Memory atau perangkat keras yang sangat berpengaruh pada kinerja Komputer. Jika kita tidak menjalankan program apapun tetapi sisa RAM tidak lebih dari setengahnya, biasanya kinerja Komputer akan sangat lamban. Maka harus dicek kembal program yang banyak memakan RAM dengan cara membuka Task Manager - Process - Mem Usage. Jika memang RAM kita pas-pasan solusi yang sama sekali tidak makan biaya adalah Uninstall beberapa program yang benar-benar memakan RAM. Kalau ingin mengganti RAM itu tentu saja Anda harus merogoh kocek lagi dan hasilnya pun sepadan.

7. Adanya program yang sama terbentur konflik
Agresifnya kita pada suatu program atau keinginan kita untuk terbebas dari hal apapun biasanya kita menginstall program lebih dari satu. Contohnya antivirus, seringkali kita menggunakan 2 antivirus dengan alasan untuk memperkecil ruang gerak virus. Tapi semua itu menyebabkan Kinerja Komputer menjadi sangat lambat, biasanya yang menginstal double seperti itu yaitu untuk uji coba saja dan bukan untuk keperluan pengguna biasanya spesifikasi dari PCnya pun lumayan High Class. Solusinya misalnya ada 2 antivirus pilihlah satu yang lebih agresif terhadap virus dan terpercaya agar Kinerja Komputer akan lebih membaik.

8. Penggunaan Efek Windows yang berlebih
Windows Xp, Vista maupun windows 7 menyediakan opsi untuk menggunakan tampilan dengan berbagai efek. Jika komputer kita mempunyai spesifikasi yang bagus, tentu berbagai efek ini tidak menjadi masalah, tetapi jika ingin performa cepat, berbagai efek windows bisa di non aktifkan. Misalnya Untuk windows XP, klik kanan My Computer, pilih tab Advanced dan klik setting bagian Performance. Kita juga melalukan tweak sistem untuk mendapatkan setting yang tepat dan cepat, dengan menggunakan software semisal X-Setup Pro. Selain 9 hal diatas masih banyak sebab lain, seperti berbagai service windows yang berjalan yang sebenarnya tidak diperlukan, pemilihan dan pengaturan hardware yang tidak optimal, space primary disk misalnya drive C yang diambang batas atau hampir habis, dan lainnya.
sekian ulasan singkat mengenai penyebab kinerja komputer lambat,semoga dapat bermanfaat. 

9. Banyaknya Software yang terinstall
Meskipun software-software yang di install tidak berjalan di belakang, tetapi hampir setiap software selalu menambahkan entry (data) ke registry, sehingga semakin banyak software yang di install ukuran registry (windows) juga akan semakin besar. Karena registry ini akan di akses baik ketika komputer berjalan maupun sudah berjalan, besar kecilnya juga mempengaruhi ke kecepatan/ waktu respon-nya.
Solusinya adalah menggunakan software yang memang diperlukan saja, Uninstall software yang tidak penting dan gunakan Uninstaller seperti Revo Uninstaller agar proses uninstallasi lebih tuntas. Untuk membersihkan software yang sudah di uninstall, bisa juga menggunakan berbagai Utilities gratis.

dandy

6 komentar:

  1. Satu lagi gan>>>>computernya pke pentium jadul...dijamin bikin BT.. kwkwkwkwkwkw sukses sllu

    BalasHapus
  2. ^
    ^
    setuju sama bang Tamrin el asif,,hehee

    BalasHapus
  3. hahahaha bisa saja wkwk thanks kawan

    BalasHapus
  4. Ulasan yang sangat mudah ditangkap, jadi nambah ilmu tentang komputer nih. Makasih ya sib udah share :)

    BalasHapus
  5. Wah iya bener tuh mas.. banyakan aplikasi Bikin lemot :)

    BalasHapus
  6. Terimakasih komen& kunjungannya gan

    BalasHapus