Kamis, 15 Desember 2011

Virus Zeus BlackBerry, Sang Pencuri Data Pribadi



Kita tahu bahwa Blackberry adalah salah satu ponsel yang sangat sulit ditembus oleh virus. Namun beberapa hari terakhir ini ada sebuah penelitian telah menemukan virus yang secara spesifik menyerang dan mengacak-acak layanan SMS yang dikirimkan melalui layanan Messenger sebagai sasaran utama mereka. Menurut perusahaan keamanan TrenMicro, sebuah virus trojan berjuluk Zeus dapat mencuri berbagai informasi yang terdapat di Blackberry melalui fitur SMS. Target dari zeus ini adalah mencuri Informasi-informasi yang bersifat pribadi seperti transaksi SMS atau Mobile Banking. Sekali terinstal diponsel, Zeus akan mengirimkan sinyal ke hacker tersebut dapat memerintahkan si Zeus untuk mengirim data-data ponsel yang diinfeksi kepadanya.


Tak hanya itu, Zeus juga mampu melihat, menghapus, maupun, memforward SMS yang masuk, memblok panggilan, mengambil alih komando dan memblokir nomor ponsel itu sendiri. Dan yang terpenting, semua data yang didapatkan Zeus akan dikirimkan ke hacker. Mengerikan!!!!!
Dengan seringnya mengirim via Bluetooth, browsing dengan jangka waktu lama dan terkoneksi dengan apapun, semakin luas daya gerak virus untuk masuk dan terinstall dalam ponsel kita.

Walaupun Blackberry adalah ponsel dan gadget yang aman dari ancaman virus, itu tergantung dari pemakaian Anda masing-masing. Penggunaan antivirus mungkin bisa dilakukan untuk mengurangi resiko tercurinya data data Blackberry Anda. Saat ini Appworld Blackberry, tersedia beragam aplikasi antivirus. Ada yang gratis hingga berbayar. Beberapa yang bisa disebutkan diantaranya Netqin Antivirus, SmartGuard Pro, dan McAfee Mobile Security.

dandy, Berbagai Sumber

2 komentar: